Tahap-tahap saat Mengukur Tekanan Darah


Cek tensi. Siapa yang ga tau sih. Apalagi orang yang belajar atau bekerja di dunia kesehatan pasti tau banget.  Memang sih terkadang untuk orang yang belum pernah / jarang cek tensi pasti akan sulit melakukannya. Ya kayak mahasiswa ilmu-ilmu kesehatan baru, pasti kesulitan. Apalagi mau ujian, wah pasti galau-galau bingung pusing ya hahaha. Nah jangan khawatir karena dalam postingan kali ini penulis akan membahas cara memeriksa tekanan darah pasien dan contohnya. Jadi kalian bisa belajar dan mraktekin ditemen kalian. Tapi eh jangan asal ya cek-nya. Boro-boro tau tekanan darahnya berapa, eh malah buat temennya jadi kesakitan. So, pelajari baik-baik dulu ya :D


Tahap-Tahap Mengukur Tekanan Darah:

1. TAHAP PERSIAPAN.
·        Hal pertama yang diharuskan adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Pastikan tangan sudah dalam keadaan steril saat akan mengukur tekanan darah pasien.
·        Pemeriksa menempatkan diri di sebelah kanan pasien karena yang akan diukur yaitu tangan sebelah kanan.
·        Memberikan penjelasan tentang pemeriksaan ini.
·        Menempatkan pasien dalam keadaan duduk atau berbaring dengan lengan rileks, sedikit menekuk pada siku dan bebas dari tekanan olek pakaian.
Raba Nadi A. Brachialis
·        Meraba palpasi nadi arteri brachialis di fossa cubiti sebelah medial nantinya digunakan untuk menentukan pemasangan mainset.
·        Tempatkan tensimeter setinggi jantung pasien, lalu buka katup aliran air raksa, lalu jangan lupa untuk menengecek saluran pipa dan meletakkan manometer secara vertikal.
Saat Pasang Mainset
·        Pasang mainset melingkari lengan atas dengan rapi dan tidak terlalu ketat. Pasang diatas fossa cubiti dengan jarak 2 cm.

2. TAHAP AWAL
·         Setelah tahap pasang-memasang selesai. Baru kita mulai untuk mengukur tekanan darah pasien. Tanyakan terlebih dahulu apakah pasien siap untuk melakukan tekanan darah.
·         Pertama raba terlebih dahulu nadi arteri radialis dengan tiga jari bersamaan dengan itu pompa mainset dengan cepat sampai hilangnya pulsasi nadi arteri radialis.
Raba Nadi A. Radialis
·        Setelah itu turunkan tekanan mainset secara perlahan-lahan sampai pulsasi arteri radialis teraba kembali dan leporkan hasilnya sebagai tekan sistolik palpatoir.
3. TAHAP AKHIR
·         Cek telebih dahulu apakah stetoskop dapat digunakan. Cek dengan mengetok corong dan dengarkan apakah terdengar / tidak.
·         Gunakan stetoskop dengan corong diafragma yang terbuka pada tempat teraba pulsasi arteri brachialis.
·        Memompa kembali mainset sampai 20 mmHg diatas tekanan sistolik palpatoir.
·         Dengarkan melalui stetoskop sambil menurunkan perlahan-lahan/ 3 mmHg per detik dan melaporkan saat terdengar suara korotkov 1(suara dug dug pertama) sebagai tekanan darah sistolik.
Corong yang Dipakai
·         Lanjutkan menurunkan tekanan mainset sampai suara korotkov 5/korotkov terakhir sehingga tidak terdengar suara korotkov lagi. Menandakan tekanan darah diastolik.
·         Laporkan hasil tekanan sistolik dan diastolik.
·         Lepas mainset dan kembalikan pada tempatnya.

Contoh Skenario Pemeriksaan Tekanan Darah :

Acara perkenalan dan kawan-kawan di skip langsung ke cek tensi :D
(Cuci tangan terlebih dahulu)
Dokter            : Bapak Ahmad, saya akan melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui tekanan darah bapak, apakah bapak bersedia?
Pasien             : Ya saya bersedia dok.
Dokter            : Silahkan berbaring di atas bed bapak.
Pasien             : (berbaring diats bed. Posisikan bapak sehingga pemeriksa berada disebelah kanan bapak.)
Dokter            : Sebelumnya apakah 30 menit yang lalu bapak meminum kopi, merokok atau melakukan pekerjaan berat?
Pasien             : tidak dok.
Dokter            : Bapak bisa menggulung pakaian bapak. Apakah boleh saya bantu?
Pasien             : Boleh dok.
Dokter            : Bapak, pertama saya akan memeriksan nadi A. brachialis untuk mengetahui posisi nadi A. brachialis. Lalu bapak saya akan memasang mainset tepat berada di posisi nadi A. brachialis di atas fossa cubiti atau siku dengan jarak 2 cm. apakah terlalu kencang bapak?
Pasien             : Tidak dok.
Dokter            : Baik pak Ahmad, selanjutnya saya akan meraba pulsasi nadi radialis bapak. Dan saya juga akan memompa tensimeter. Mungkin agak sakit apakah bapak siap? (jangan lupa buka dulu katup air rasak terlebih dahulu)
Pasien             : Siap dok.
Dokter            : Baik bapak saya akan mulai memompa.(perhatikan air raksanya dan rasakan pulsasi nadi A. radialis. Apabila pulsasi nadi A. radialis berhenti saat air raksa menunjukkan angka tertentu yang ditunjukkan di tensimeter, maka itu menunjukka tekanan sistolik palpatoir). Baik bapak, disini tekanan sistolik palpatoir bapak yaitu 100 mmHg.
Tekanan Sistolik Palpatoir

Dokter            : Selanjutnya saya akan memeriksa tekanan di nadi A. brachialis. (pakai stetoskop,  cek dahulu apakah dapat mendengarkan, lalu pasang corong bel stetoskop didalam mainset tepat diatas nadi A. brachialis)
Ditambah 20 mmHg
Dokter            : Bapak. Saya akan memompa mainset 20 mmHg diatas tekanan sistolik palpatoir bapak menjadi 120 mmHg. baik bapak, saya akan mulai memompa mainset. Apakah bapak siap?
Pasien             : Siap dok.
Dokter            : (pompa sampai 120 mmHg lalu turunkan 3 mmHg/detik dan dengarkan suara korotkov 1 – 5) Baik bapak, disini saya mendengarkan suara korotkov 1 bapak di 110 mmHg disni menunjukkan tekanan sistolik bapak. Dan saya mendengarkan suara korotkov 5 di 80 mmHg disini menunjukkan tekanan diastolik bapak. (selanjutnya lepas mainset)
Pasien             : Lalu dok berapa tekanan darah saya?
Dokter            : Tekanan darah bapak yaitu 110/80 mmHg. Yang menandakan tekanan darah bapak cukup normal. Tekanan darah normal sebenarnya 120/80 mmHg.
Pasien             : Oh begitu ya dok terima kasih dok
Dokter            : Sama-sama bapak

1 komentar:

Disini aku mau Sharing aja ya
Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

Reply

Posting Komentar