Biang Keringat (Miliaria)


BIANG KERINGAT (MILIARIA)

Definisi
Miliaria adalah gangguan umum dari kelenjar keringat yaitu ekrin yang sering terjadi pada kondisi dimana terjadi peningkatan panas dan kelembaban. Miliaria diduga disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat, yang menghasilkan kebocoran keringat ekrin ke epidermis atau dermis.


Patogenesis
Rangsangan utama yang menyebabkan terjadinya miliaria adalah kondisi panas tinggi dan kelembaban yang menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh sumbatan pada kulit karena pakaian, perban, dll yang selanjutnya membuat penumpukan keringat pada permukaan kulit dan terjadinya overhidrasi dari startum korneum (lapisan kulit paling atas dari epidermis). Jika saluran keringat tersumbat, keringat merembes ke dalam kulit di dekatnya. Hal ini menyebabkan kantong kecil pembengkakan (inflamasi) yang menyebabkan bercak/ruam. Bakteri yang berperan dalam patogenesis dari miliaria adalah Staphylococcus epidermidis dan  Staphylococcus aureus. Orang yang mengalami miliaria memiliki bakteri ini 3 kali lebih banyak dari pada orang pada umumnya. Bakteri ini normalnya tidak bersifat membahayakan bagi tubuh. Tetapi, bakteri ini membuat zat lengket. Apabila zat ini dikombinasikan dengan  keringat yang berlebih dan sel-sel mati akan dapat menyebabkan penyumbatan pada kulit.

Klasifikasi
A. Miliaria Kristalina.
Miliaria kristalina terjadi ketika ada penyumbatan saluran keringat di dekat permukaan kulit. Ruam yang muncul seperti bintik-bintik kecil. Bintik-bintik kecil itu terlihat seperti butir-butir keringat atau seperti tetesan air mata dan cenderung hilang dalam beberapa jam atau hari. Miliaria ini bisa menimbulkan rasa gatal, juga bisa tidak gatal sama sekali dan miliaria ini terjadi pada bagian tubuh yang lapang.

Miliaria Kristalina. From : http://emedicine.medscape.com/article/1070840-clinical#a0217

B. Miliaria Rubra
Miliria rubra adalah miliaria yang paling umum terjadi. Miliaria ini disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat yang terjadi di bagian yang lebih dalam dari lapisan terluar dari kulit(epidermis). Miliaria rubra biasanya terjadi pada bayi dengan rentang umur 1-3 minggu dan orang dewasa yang tinggal di lingkungan yang panas. Ruamnya berupa bintik-bintik kecil dengan dengan peninggian kulit yang berwarna merah. Terjadi terutama bila ada gesekan dengan pakaian. Miliaria ini terasa sangat gatal. Ruam muncul saat kondisi iklim panas dan menghilang apabila iklim panas telah berlalu. Ruam bisa hilang apabila penderita pergi ke lingkungan yang lebih dingin dan berhenti berkeringat. Miliaria ini terjadi di bagian lipatan tubuh seperti daerah dahi.


Miliaria Rubra. From : http://emedicine.medscape.com/article/1070840-clinical#a0217

C. Miliaria Profunda
Miliria profunda terjadi ketika keringat yang ditahan oleh tubuh mengalami kebocoran dan keluar menuju dermis. Hal ini terjadi ketika seseorang tinggal di iklim tropis atau iklim yang panas dan memiliki episode berulang dari miliaria rubra. Ruam dapat muncul dengan cepat dalam hitungan menit atau jam dan juga dapat hilang dengan cepat apabila stimulus yang menyebabkannya hilang. Biasanya miliaria profunda ini asymtomatik atau tidak menimbulkan gejala seperti gatal. Miliaria ini terjadi di dibagian ektremitas tubuh(lengan dan kaki) dan dada.


Penatalaksanaan
Prinsip dari penatalaksanaan miliaria adalah dengan mengontrol panas dan kelembapan, serta mencegah episode/kejadian berulang.
1. Hindari panas dan kelembapan.
2. Hindari mengeluarkan keringat secara berlebihan. Contoh : memakai AC, dan mandi air dingin.
3. Krim yang berfungsi untuk mendinginkan kulit. Contoh : lotion calamine
4. Pakai pakaian yang longgar atau tidak ketat.
5. Memakai sabun antibakteri atau antiseptic.
6. Topikal steroid ringan.

Sitasi
1. Disorder of sebaceous gland, sweat gland and pigmentation. Lecture from dr. I.G.A.A Elis Indira, Sp.KK. Lab/SMF Ilmu kesehatan kulit dan kelamin FK UNUD/RS Sanglah.
3. Prickly Heat/Heat Rash (Miliaria). From : http://www.patient.co.uk/health/prickly-heatheat-rash-miliaria
4. Nikki A Levin et al. Dermatologic Manifestations of Miliaria Treatment & Management. From : http://emedicine.medscape.com/article/1070840-treatment
5. Miliaria. From : http://www.aocd.org/?page=Miliaria

2 komentar

Loh, bukannya pakai AC itu bikin gak berkeringat ya? :/

Reply

Ya itu dah.. hindari mengeluarkan keringat secara berlebihan itu dengan memakai AC.. hehehe.. sori agak rancu..

Reply

Posting Komentar