Bisul (Furuncle)

BISUL (FURUNCLE)

Definisi
Bisul merupakan infeksi bakteri yang terjadi di folikel rambut. Infeksi pada folikel tidak hanya di bagian kulit kepala saja, akan tetapi di seluruh tubuh yang mengandung folikel rambut juga dapat terkena. Ketika folikel rambut terinfeksi, kulit di sekitarnya juga akan mengalami peradangan. Bisul bersifat akut dan biasanya mendadak muncul, berwarna merah, mengalami peninggian pada kulit (terbentuk seperti benjolan/bentuk bulat), memiliki mata nanah dan bisul dapat pecah serta mengeluarkan cairan/ menjadi pernanahan. Bisul paling sering ditemukan pada wajah dan leher, tetapi mungkin juga penderita menemukan bisul di paha/kaki.


Penyebab
Penyebab paling umum adalah bakteri Staphylococcus aureus. Pada kondisi normal setiap orang memiliki Staphylococcus aureus pada kulit mereka. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi jika memasuki aliran darah melalui daerah kulit yang terbuka, seperti luka atau goresan. Setelah bakteri masuk ke dalam darah, sistem kekebalan tubuh akan mencoba untuk melawannya. Bisul sebenarnya adalah hasil dari sel-sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi.

Gejala dan Tanda
Gejala biasanya di awali dengan benjolan yang keras, berwarna kemerahan,  terasa menyakitkan dan biasanya ukurannya kurang dari 1 inci. Selama beberapa hari ke depan, benjolan akan mulai melembek, membesar  terasa lebih menyakitkan dan dapat pecah/keluar cairan nanah. Infeksi yang memberat ditandai dengan kulit sekitar mengalami kemerahan, terasa lebih menyakitkan dan membengkak. Lalu kemungkinan lebih banyak bisul dapat muncul di sekitar bisul pertama. Penderita mulai merasakan demam yang semakin lama semakin memburuk dan terjadi pembesaran kelenjar getah bening disekitar daerah yang bengkak.

Bisul From : http://www.medicinenet.com/boils_pictures_slideshow/article.htm

Penatalaksanaan
Tidak perlu ke dokter untuk pengobatan bisul kecuali bisul tetap besar, tidak pecah, dan terasa sangat menyakitkan lebih dari dua minggu. Biasanya dalam jangka waktu pendek, bisul akan pecah, mengering dan mulai sembuh sendiri. Yang perlu dilakukan dalam penatalaksanaan bisul adalah
1. Apabila bisul masih meradang atau masih keras, yang harus dilakukan adalah mengompresnya dengan air hangat tetapi jangan di pencet.
2. Apabila bisul sudah mulai melembek (mengalami fluktuasi) atau membentuk kantong, yang harus dilakukan adalah memecah kantong tersebut (di insisi) dan mengeluarkan cairan yang didalamnya (di drainase).
3. Pengobatan yang dapat diberikan adalah penisilin atau generasi pertama dari cephalosporin.


Pencegahan
1. Menjaga kulit tetap bersih dengan mencuci secara teratur. Gunakan sabun antibakteri ringan.
2. Semua kulit yang terbuka atau luka, harus segera dibersihkan, tidak peduli seberapa kecil lukanya.
3. Perban steril seperti handsaplas dapat digunakan untuk menutupi luka.
4. Latihan fisik secara teratur akan meningkatkan kesehatan secara umum, sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terkena bisul.
5. Diet yang sehat juga akan mengurangi risiko terkena bisul.

Sitasi
1. Bacterial infection of the skin. Lecture From : Dr. I.G.N. Darma Putra, SpKK. Bagian dermatovenerology.
2. George Krucik, MD, MBA. What causes boil? 6 possible conditions. From : http://www.healthline.com/ symptom/boil
4. What are boils, furuncles and carbuncles? From : http://www.medicalnewstoday.com/ articles/185421.php



1 komentar:

Wow, thats surely awesome to know the reality and I am positive you will also love my article written here what is rhinoplasty procedure approximately Hope so that you will love to provide me a go-to.

Reply

Posting Komentar