Trik Mudah Mengelabui Jerawat dengan Simple Ten


Trik Mudah Mengelabui Jerawat dengan Simple Ten

Kecil-kecil cabe rawit. Sepertinya ini adalah slogan yang pas di sematkan untuk si biangkerok yang satu ini. Siapa sih yang gak kenal sama dia? Ukurannya kecil, paling besar mungkin cuma 1 sentimeteran, tapi dia tuh gregetin banget, ngeselin, pedes kayak cabe. Yup dialah sang jerawat. Meskipun kecil tapi dia punya bakat besar, kalau kata Ahmad Dhani “Kamu punya X Factor” yaitu menyebabkan ganguan psikologis kronis pada penderitanya.

Jerawat yang nyebelin From: 3nter.com

Siapa sih yang gak risih sama jerawat? Banyak sekali orang yang merasa terganggu dengan adanya jerawat, terutama dalam hal penampilan. Ganguan psikologispun banyak bermunculan karenanya, mulai dari gampang marah, tersinggung, resah, minder, dan malu, yang nantinya berujung pada munculnya rasa tidak percaya diri saat tampil di khalayak umum. Tentunya ini sangat merugikan bagi penderitanya.

Sebelumnya, ada beberapa fakta dari jerawat yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Agar kamu tidak merasa terlalu berat saat menghadapi jerawat ini.

Fakta pertama, sebenarnya jerawat  mengenai 85% dari remaja. Yang artinya kamu bukan orang “terpilih”, masih banyak orang yang mengalami masalah sepertimu. Jadi gak usah galau merasa muka paling jelek sendiri. Jaman sekarang masih galau sama jerawat? Udah jadi rongsokan tuh galau, udah gak laku kalau di jual di pasar loak. :D So, stay clam and be smart!

Fakta kedua, jerawat itu masalah umum biasanya karena faktor hormon androgen. Nah terutama kamu yang masih dalam masa puber. Masa di mana hormon banyak mempengaruhi penampilan fisikmu. Kalau bisa jadikan jerawat itu sebagai daya tarikmu. Missal nih, Saat ketemu lagi dengan teman lamamu, mereka akan mengingatmu. Lalu mereka bilang “Eh, kamu yang dulu jerawatan ya?” Nah dengan jerawat ini mereka bisa mengingat siapa dirimu. Kan lumayan, jadi namamu tak lekang oleh waktu.

Fakta ketiga, jerawat itu bersifat kronis atau berlangsung lama. Biasanya jerawat puber muncul sampai waktu 5 tahunan. Jadi jangan kawatir kalau kamu takut jerawatnya lama gak hilang-hilang. Itu natural, tidak ada rekayasa!

Nah dengan kekhawatiran yang kamu semua alami ini, saya mencoba membantumu dalam menangani masalah jerawat ini. Disini saya meramu trik untuk mengelabui musuh kita a.k.a jerawat dengan Simple Ten. 

Simple Ten, saya buat karena terinspirasi dari sacred seven dan basic four-nya anamnesis(mungkin yang cadok aja yang tau hehehe). Kata simple saya ambil karena trik saya buat ini terbilang mudah, gak perlu ribet, dan gak perlu mahal. Lalu ten di ambil karena jumlah dari triknya ini berjumlah sepuluh. Cukup sepuluh trik, gak banyak kok. Paham kan? Ini untuk memudahkanmu untuk mengingat trik yang saya buat, oke? 

Nah kita langsung saja, karena pasti kamu udah penasaran sama trik apa aja sih yang ada di simple ten untuk mengelabui jerawat? 

1. Cuci muka. Cuci muka jangan terlalu sering cukup 2 kali sehari dengan sabun. Kalau mencuci muka terlalu sering, kulit cepat kering. Karena kulit cepat kering, wajah akan lebih banyak memproduksi kelenjar minyak untuk melembabkannya. Nah disitulah yang memicu jerawat untuk lebih banyak eksis di wajahmu. Kalo cuci pakai air saja terserah, tetapi secukupnya saja.

2. Menggunakan sabun bayi. Mengapa? Karena sabun bayi menggandung zat-zat kimia yang lebih sedikit. Seperti yang kita tahu kulit bayi sangat sensitif ,sama seperti halnya dengan kulitmu yang berjerawat. Jadi ibaratkan kulit wajahmu seperti kulit bayi. Bangga donk kalau kulit kita dibilang sama dengan kulit bayi, aduh.. imut-imut gimana gitu. Ingat jerawat, ingat kulit bayi! Jadi, pede aja :D

3. Gak boleh kasar saat mencuci muka. Jangan mencucinya sama seperti kamu menggosok toilet yang disikat sampe kinclong. Mencuci muka dengan kasar juga bisa memicu munculnya jerawat. Cukup di basuh dengan lembut but but.. dengan hati. Karena wajah itu sensitive, seperti bayi oke :D

4. Pijat wajah setiap setelah mandi atau mencuci muka, kurang lebih selama 5 menit. Pijat lembut bisa dengan jari-jari tangan atau yang lainnya. Contohnya diputer-puter jidatnya pake tangan, di monyong-mundurin mulutnya(biar pipi ikut bergerak), mangap-mangap kayak goyang dumangnya Nomnom Gowes juga boleh. Terserah, tergantung kreatifitas kamu sendiri.

5. Gak boleh sering-sering megang /mengusap wajah terutama bila tangan kotor. Meskipun tangan bersih jangan sering memegangnya. Memang tangan kita bersih, tapi belum tentu wajah kita bersih. Misal saat di luar rumah banyak debu dan kotoran yang menempel di wajah. Lalu tangan kita mengusap wajah, kotoran tersebut bisa masuk ke pori-pori wajah karena terdorong masuk saat kita mengusapnya. Lebih baik bilas pakai air. Kalau tidak bisa, usap saja pakai tisu dengan lembut. Begitu pun dengan jerawat yang baru muncul. Tidak boleh sering di pegang, karena dapat menyebabkan peradangan dan lebih parahnya lagi bisa menimbulkan scar / bekas bisa berupa garis-garis atau lubang-lubang kayak tusukan jarum. Pada gak mau kan? 

6. Pilih-pilih saat memakai pelembab/pembersih wajah. Kamu yang suka memakai pelembab/pembersih wajah sebaiknya pilih-pilih produk yang sekiranya aman dan cocok. Karena tidak semua orang kulitnya cocok dengan pelembab/pembersih wajah. Banyak orang yang jerawatnya tambah banyak gara-gara pakai pelembab dan pembersih wajah. Niatnya mau merawat, gak taunya malah gak kerawat. Itu bisa merugikan kita sendiri.

7. Jangan sering mengganti pelembab/pembersih wajah. Kebiasaan buruk manusia terutama wanita yaitu gampang tergiur. Biasanya wanita gampang tergiur dengan iming-iming khasiat produk kosmetik yang katanya lebih bagus dari produk yang lain. Padahal belum tentu bagus untuk kulitnya. Apalagi bahan pelembab/pembersih yang mengandung toner. Bahan ini sangat membahayakan bagi kulit kita. Kalau memang butuh diganti, perhatikan kembali produknya. Saran saya sih setia saja sama yang dipakai seperti lagunya Fatin - Aku Memilih Setia. Oke? :D

8. Pakai obat dengan bahan benzoil peroksida atau asam salisilat untuk membunuh bakteri di pori2 wajah. Kedua obat ini biasanya banyak terdapat di apotek-apotek terdekat.

9. Masker alami dengan tomat. Menurut survei yang saya lakukan terhadapat bahan-bahan alami yang menduduki chart teratas di blog atau web-web kesehatan yang memosting tentang bahan-bahan alami untuk perawatan wajah terhadap jerawat, tomat menduduki peringkat pertama yang paling disarankan. Karena tomat kaya akan Vitamin A dan Vitamin C yang dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan jerawat dan bekasnya, baik yang baru timbul maupun sudah meradang dan dipakai dengan cara 2-3 kali seminggu. Jadi tomat ini sangat baik untuk wajah.

10.
Minum air putih dan olahraga. Nah ini yang tidak kalah penting, malahan menurut saya wajib!. Karena salah satu sumber kesehatan adalah air putih dan olahraga. Minum air putih minimal 2 liter per hari dan berolahraga minimal jogging selama 15-30 menit per hari membantu dalam proses metabolisme tubuh terutama membuka pori-pori pada kulit dan mensekresikan keringat saat berolahraga sehingga tidak mudah berjerawat, membantu ginjal menetralkan racun, membantu menguras lemak berlebih dalam tubuh dan masih banyak lagi manfaat dari air putih dan olahraga lainnya. Jadi, apabila kamu ingin merawat tubuh terutama wajah minimal melakukan 2 hal ini dulu. Tentunya manfaatnya tidak hanya pada wajah tapi untuk seluruh tubuh juga. 

Nah itu dia kesepuluh trik simple ten dari leksbookblog. Gampangkan? gak sulit kok untuk melakukannya. Asalkan ada niat yang bulat, usaha itu akan muncul sendiri beriringan dengan niatmu. Bener gak? Pasti bener donk. Jadinya kalau ada niat-->muncul usaha-->pakai simple ten-->jerawat hilang-->ganguan psikologis hilang-->percaya diripun muncul. Jadi kamu gak di kelabui sama jerawatmu sendiri, karena telah menggunakan trik mudah mengelabui jerawat dengan simple ten. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu-kamu yang sedang galau sama jerawatnya. Semoga memberikan efek magis yang berpengaruh. Selamat mencoba leksbookholic :D

4 komentar

makasih ghan. sangat bermanfaat articlenya

Reply

Sama-sama sering-sering berkunjung ya :D

Reply

Posting Komentar